-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

#0526 "Orang-orang yang Bangkrut pada Hari Kiamat" - Materi Khutbah Jumat 26 Mei 2023

| Mei 25, 2023 WIB Last Updated 2023-05-25T14:41:46Z

******************************************************************************************

SEMUA PENYAKIT MINGGAT! SUSU KAMBING ASLI  KLIK DISINI

******************************************************************************************


desain99.com | Khutbah Jumat merupakan momen yang penuh keberkahan dalam kehidupan umat Islam. Saat imam naik ke mimbar, suasana menjadi hening, dan hati-hati umat terbuka untuk menerima petunjuk dan nasihat yang akan disampaikan. Materi khutbah Jumat memiliki peran penting dalam menyampaikan pesan agama yang relevan dan bermanfaat bagi jamaah yang hadir. Para imam secara cermat memilih tema yang akan disampaikan, dengan tujuan untuk menginspirasi, memberikan pemahaman yang lebih dalam, dan membimbing umat menuju kehidupan yang lebih baik. Bagi anda yang saat ini sedang membutuhkan materi Khutbah Jumat, silahkan simak tulisan kami berikut ini dengan judul : #0526 "Orang-orang yang Bangkrut pada Hari Kiamat" - Materi Khutbah Jumat 26 Mei 2023

Jika Anda ingin mendapatkan layanan jasa berkualitas seperti ini, silahkan hubungi kami pada HALAMAN KONTAK


#0526 "Orang-orang yang Bangkrut pada Hari Kiamat" - Materi Khutbah Jumat 26 Mei 2023 

1 materi khutbah jumat bulan mei 2023 orang orang yang bangkrut pada hari kiamat

Desain Grafis | Edit Video | Penulis Artikel | Programer Web | Digital Kreator 
 

baca juga :


Materi Khutbah Jumat 26 Mei 2023

Hadirin Jamaah Jumat rahimakumullah,

Adalah sebuah keniscayaan bagi kita sebagai hamba Allah Subhanahu Wa Ta’ala yang sudah dianugerahi nikmat begitu luar biasa yang tak terhitung jumlahnya, agar senantiasa memanjatkan rasa syukur, yang kita ungkapkan juga sebagai harapan untuk menjadi pemicu ditambahnya nikmat-nikmat Allah berikutnya.

Shalawat dan salam senantiasa kita limpahkan kepada sang kekasih Allah, baginda Rasulullahi Shollallahu ‘Alaihi Wassallam, panutan dan penuntun kepada akhlak yang mulia, pribadinya menjadi teladan bagi kita semua, umat-umatnya.

Mengawali khutbah Jumat ini, saya mengingatkan diri pribadi dan mengajak jamaah sekalian untuk senantiasa meningkatkan ketaqwaan kepada Allah Subhanahu Wata’ala, mempertajam kesadaran Ilahiyah, mempertebal siakp berserah diri dengan selalu menambah ketaatan dan menjauhi kemaksiatan.

Jasa Desain Logo Profesional Paling Murah

Hadirin Jamaah Jumat rahimakumullah,

Amal adalah bekal terbaik bagi kita untuk bisa menghadap Allah Subhanahu Wata’ala, dunia ini adalah tempat untuk mengumpulkan bekal, bekal berupa amal sholeh sebanyak-banyaknya. Tidak ada yang lebih baik daripada perbekalan berupa amal sholeh dalam ketaqwaan kepada Allah Subhanahu Wata’ala. Bahkan di dalam ayat suci Al Qur’an disebutkan bahwasanya seseorang bisa masuk ke dalam surge bukan karena banyaknya harta, tingginya jabatan dan kekuasan, atau luasnya ilmu pengetahuan yang dimiliki, melainkan dari amalan-amalan sholeh. Sebagaimana Firman Allah Subhanahu Wata’ala :

 

ٱلَّذِينَ تَتَوَفَّىٰهُمُ ٱلْمَلَٰٓئِكَةُ طَيِّبِينَ ۙ يَقُولُونَ سَلَٰمٌ عَلَيْكُمُ ٱدْخُلُوا۟ ٱلْجَنَّةَ بِمَا كُنتُمْ تَعْمَلُونَ

 

Allażīna tatawaffāhumul-malā`ikatu ṭayyibīna yaqụlụna salāmun 'alaikumudkhulul-jannata bimā kuntum ta'malụn

Artinya: (yaitu) orang-orang yang diwafatkan dalam keadaan baik oleh para malaikat dengan mengatakan (kepada mereka): "Salaamun'alaikum, masuklah kamu ke dalam surga itu disebabkan apa yang telah kamu kerjakan". (QS. An-Nahl:32)

Ayat tersebut sangat tegas menjelaskan bahwa Allah Subhanahu Wa’tala akan menyambut hamba-hambaNya ke dalam surga, hamba-hamba yang telah memiliki bekal yaitu bekal amal sholeh. berupa keimanan dan ketaqwaannya, berupa amalan anggota badannya, ataupun lisannya, dan yang terpenting adalah hatinya.

Jasa Desain Logo Profesional Paling Murah

Hadirin Jamaah Jumat rahimakumullah,

Selain menyiapkan bekal, ada sesuatu yang jauh lebih besar untuk diperhatikan setelah kita beramal, setelah kita diberikan kemampuan dan kekuatan untuk melakukan beramal shalih, ternyata masih ada tugas lain yang lebih berat darinya, yaitu menjaga amal agar tidak dibatalkan oleh Allah Subhanahu wa Ta’ala.

Berapa banyak orang-orang yang telah mengumpulkan bekal akan tetapi ia tidak berusaha menjaga amalnya, akibatnya Allah batalkan amalan-amalannya. Maka saudara-saudaraku sekalian, sebagai seorang mukmin maka sepantasnya untuk selalu merasa khawatir jika amalnya dibatalkan oleh Allah Subhanahu wa Ta’ala. Seseorang yang beriman kepada Allah dan kehidupan akhirat, maka dia akan merasa khawatir jika ternyata amal shalihnya di hari kiamat tidak mampu menyelamatkan dirinya dan tidak cukup menjadi bekal memasukkan ia ke dalam surga Allah Subhanahu wa Ta’ala.

Jasa Penulisan Artikel 1000 Kata Paling Murah

Hadirin Jamaah Jumat rahimakumullah,

Ada beberapa perkara yang merusak dan menjadi penyebab dibatalkannya amal seseorang, Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam menyebutkan tiga perkara yang bisa membinasakan, diantaranya adalah merasa ujub, merasa sombong, merasa bangga diri dengan banyaknya amal yang telah diperbuat.

Syaikh Muhammad bin Shalih Al-Utsaimin berkata:

“Ujub itu bisa membatalkan amal seorang hamba.”

Ketika seorang hamba menghabiskan sepertiga malamnya lalu merasa bangga dengan shalat tahajudnya. Ketika seseorang telah berhasil menghafalkan Al-Qur’an, lalu ia bangga dengan sebutan al hafidz dan pujian manusia. Ketika seseorang telah melakukan berbagai macam amalan shalih tetapi kemudian amalan shalih itu malah menimbulkan kesombongan dan kebanggaan pada dirinya, maka ujub itu adalah termasuk ke dalam syirik kecil. Naudzubillahi Min Dzalik.

Syaikhul Islam Ibnu Taimiyyah mengatakan bahwa ujub termasuk syirik kecil karena hakikatnya seakan-akan dia mengungkit kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala, padahal yang memberikan kepadanya kekuatan untuk melakukannya adalah Allah Subhanahu wa Ta’ala.

Jasa Desain Logo Profesional Paling Murah

Hadirin Jamaah Jumat rahimakumullah,

Perkara selanjutnya yang bisa membatalkan amal yaitu kita tidak takut kepada Allah di saat kita sendirian, dalam sunan nya, Imam Abu Dawud meriwayatkan, Nabi Muhammad Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam mengabarkan : “Nanti pada hari kiamat akan didatangkan seorang laki-laki yang membawa pahala sebesar-besar gunung Tihamah”, kata Rasulullah : “Ternyata Allah batalkan dan hancur-leburkan amalannya itu”.

Sahabat bertanya, “Siapa wahai Rasulullah orang itu? Sungguh sangat merugi orang itu. Membawa pahala besar sebesar-besar gunung Tihamah ternyata Allah batalkan”.

Maka Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam mengatakan, “Mereka adalah suatu kaum seperti kalian mengambil malam, akan tetapi mereka adalah orang-orang yang apabila dalam kesendirian, dia berani melanggar keharaman Allah Subhanahu wa Ta’ala.”

Dia lebih takut kepada manusia daripada kepada Allah, lebih takut diawasi sesama manusia daripada diawasi oleh AllahSubhanahu Wata’ala, saat diawasi oleh gurunya, saat diawasi oleh teman-temannya, saat diawasi oleh atasannya. Sehingga pengawasan Allah baginya tidak dianggap, sementara tidak sedetikpun kita luput dari pengawasan Nya.

Maka Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam sebutkan dalam hadits tersebut, termasuk ke dalam orang-orang yang membawa pahala sebesar gunung Tihamah, lalu Allah batalkan dan hancur-leburkan semua amalannya.

Betapa meruginya diri kita jika seperti itu, saudaraku.. yang hanya takut ketika berada di hadapan manusia saja, namun ketika sendirian tidak mampu menjaganya, sementara dicontohkan oleh para Salafush Shalih, mereka adalah para hamba yang ketika sendirian lebih takut kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala.

Jasa Ketik Online Cepat Paling Murah

Hadirin Jamaah Jumat rahimakumullah,

Perkara selanjutnya yang bisa menghabiskan dan membatalkan amalan adalah kedzaliman kita kepada orang lain, menyakiti hati sesama sehingga tidak ada ridho dan keikhlasan dari orang yang disakiti untuk memaafkan sampai dengan ajal tiba.

Syaikhul Islam Ibnu Taimiyyah Rahimahullah dalam Majmu’ Fatawa berkata bahwa seburuk-buruk dermawan adalah seorang dermawan dengan pahalanya, dia berikan hadiah kepada orang lain, dia ghibah manusia, dia sakiti hati orang lain, dia pukul orang lain, maka sungguh orang ini adalah orang-orang yang bangkrut nanti pada hari kiamat.

Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam bersabda kepada para sahabat: “Tahukah kalian siapa orang-orang yang bangkrut itu?” kata Rasulullah. Maka para sahabat berkata : “Orang yang bangkrut menurut kami wahai Rasulullah, adalah orang yang ludes hartanya.” Maka Rasulullah bersabda bahwa orang yang bangkrut pada hari kiamat adalah orang yang datang membawa pahala shalat, membawa pahala puasa, membawa pahala zakat, membawa pahala besar yang lainnya, namun ternyata dia pernah mengghibah orang lain, pernah mencubit orang lain, pernah menyakiti hati orang lain.

Maka iapun memberikan semua amal shalihnya kepada orang-orang yang pernah ia dzalimi ketika di dunia, dan kebangkrutan terjadi ketika semua amalnya habis sementara yang didzalimi masih banyak. Lalu Apa yang terjadi? Maka diambillah dosa-dosa orang yang didzalimi itu, lalu ditimpakan kepada dirinya, lalu iapun dilemparkan ke dalam api neraka jahanam. Naudzubillahi Min Dzalik.

Jasa Desain Logo Profesional Paling Murah

Hadirin Jamaah Jumat rahimakumullah,

Jangan sampai kita menjadi orang-orang yang dermawan dengan amal shalih untuk kita berikan kepada orang lain yang pernah kita dzalimi, sementara saat itu kita sangat membutuhkannya di hari kiamat nanti. Selagi Allah masih memberikan kesempatan, maka manfaatkan sisa-sisa usia ini dengan berbuat baik kepada sesama, sayangi setiap hati orang-orang di sekitar kita, minta maaflah segera jika pernah berbuat kedhaliman, memohon keikhlasan agar sekiranya kesalahan-kesalahan kita kepada manusia tidak akan menghalangi perjumpaan kita dengan Allah Subhanahu Wata’ala.

Demikian Khutbah Jumat kali ini, marilah kita bersama-sama bersatu di dalam doa. Semoga kita menjadi pribadi yang mampu menunaikan sisa usia kita dengan sebijak-bijaknya, terhindar dari perbuatan dan perkataan yang sia-sia, menjadi mukmin yang bermanfaat untuk orang-orang di sekitarnya.

Semoga Allah memudahkan kita dalam segala urusan, menguatkan kita menghadapi segala ujian, memberikan keberkahan dalam setiap kenikmatan, dan memberikan ampunan dalam setiap kesalahan,

Wallahu a’lam bisshawâb.

Ya Allah, hamba telah sampaikan, maka saksikanlah, Amin.

 

بَارَكَ اللهُ لِيْ وَلَكُمْ فِي الْقُرْآنِ الْعَظِيْمِ، وَنَفَعَنِيْ وَإِيَّاكُمْ بِمَا فِيْهِ مِنَ اْلآيَاتِ وَالذِّكْرِ الْحَكِيْمِ،

اَقُوْلُ قَوْلِيْ هَذَا وَأَسْتَغْفِرُ اللهَ الْعَظِيْمَ لِيْ وَلَكُمْ وَلِسَائِرِ الْمُسْلِمِيْنَ.

فَاسْتَغْفِرُوْهُ، إِنَّهُ هُوَ الْغَفُوْرُ الرَّحِيْمُ

 Mau Dibuatin Juga? Silahkan Hubungi Kami Klik HALAMAN KONTAK

© 2023 by desain99.com | Jasa Desain Logo Paling Murah Di Indonesia Promo 99K

Juga Tersedia Promo Jasa Desain Bayar Seikhlasnya Khusus Untuk Lembaga/Yayasan Non Profit seperti : Sekolah, Panti Asuhan, Tempat Ibadah, Pondok Pesantren, Komunitas Sosial, dll

Dengan Menggunakan Jasa Kami Berarti Anda Juga Telah Berdonasi Untuk Biaya Operasional Santri dan Pengajar di Pondok Pesantren Tahfidz Qur'an. Bantu Para Penghafal Al Qur'an Untuk Bisa Mandiri. Donasi Seikhlasnya ke : BANK BCA | No. Rek. 1221090794 | an. SOLICHIN 

******************************************************************************************

SEMUA PENYAKIT MINGGAT! SUSU KAMBING ASLI  KLIK DISINI

******************************************************************************************


×
Berita Terbaru Update